Hakikat Aksara Jawa

1. HA : Hana urip wening suci (adanya hidup adalah kehendak Yang Maha Suci)
2. NA : Nur candra, gaib candra (harapan manusia hanya selalu ke sinar Ilahi)

3. CA : Cipta wening, cipta mandulu, cipta dadi (satu arah dan tujuan pada Yang Maha Tunggal)

4. RA : Rasa ingsun handulu sih (cinta sejati muncul dari cinta kasih nurani)

5. KA : Karsaningsun memayu hayuning bawana (semua keinginan hanya untuk kesejahteraan alam)

6. DA : Dumadining dzat kang tanpa winangenan (menerima hidup apa adanya)

7. TA : Tatas, tutus, titis, titi lan wibawa (mendasar, totalitas, satu visi, ketelitian dlm memandang hidup)

8. SA : Sifat ingsun handulu sifatullah (membentuk kasih sayang seperti Alloh mengasihi makhluknya)

9. WA : Wujud hana tan kena kinira (ilmu manusia terbatas namun bisa tanpa batas)

10. LA : Lir handoyo paseban jati (mengalirkan hidup semata pd tuntunan Alloh)

11. PA : Papan kang tanpa kiblat (hakekat Alloh yg ada di segala arah)

12. DHA : Dhuwur wekasane, endhek wiwitane (untuk bisa di atas harus dimulai dari bawah)

13. JA : Jumbuhing kawula Gusti (berusaha menyatu dan memahami kehendakNya)

14. YA : Yakin marang samubarang tumindak kang dumadi (yakin atas kodrat Alloh)

15. NYA : Nyata tanpa mata, ngerti tanpa diwuruki (memahami kodrat kehidupan)

16. MA : Madhep mantep manembah mring Gusti (Yakin pada Alloh)

17. GA : Guru sejati sing muruki (belajar pada guru sejati)

18. BA : Bayu sejati kang andalani (menyelaraskan diri pada gerak alam)

19. THA : Thukul saka niat (sesuatu harus dimulai dari niat)

20. NGA : Ngracut busananing manungsa (melepaskan ego pribadi manusia)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s